Minggu, 22 Mei 2011

Manajemen File di Windows Explorer (Bag. 1)


Mengelola file dan folder dimaksudkan untuk mengatur penggunaan drive, folder maupun file yang ada pada floppy disk, local drive, maupun sistem jaringan. Sedangkan recycle bin adalah sebagai tempat sementara dari file atau folder yang dihapus. Untuk mengelola folder, file bahkan recycle bin tersebut terdapat pada Windows Explorer yang merupakan salah satu fasilitas pada sistem operasi Windows XP.

Mengaktifkan Windows Eksplorer
Langkah yang digunakan untuk mengaktifkan atau menjalankan Wondows Explorer adalah sebagai berikut :


a. Klik tombol Start pada baris Taskbar
b. Arahkan pada pilihan All Program, Accessories, kemudian klik pilihan Windows Explorer. Jendela tampilan Windows Explorer akan terlihat.










Selain dengan cara tersebut diatas, mengaktifkan jendela Windows Explorer juga dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1) Klik tombol Start pada baris Taskbar
2) Klik pilihan Run, kemudian kotak dialog Run akan terlihat dilayar.
3) Ketik Explorer pada bagian Open.
4) Klik tombol OK, kemudian jendela Windows Explorer akan terlihat dilayar.

Anda juga dapat menggunakan cara dengan menempatkan penunjuk mouse pada tombol Start, kemudian klik tombol mouse sebelah kanan, sehingga terlihat menu shortcut. Klik pilihan Explorer.

Tampilan jendela Windows Explorer, juga dapat dibuka melalui icon My Computer atau My Document pada layar desktop Windows XP. Pada jendela My Computer atau My Document tersebut, klik pilihan tombol Folder pada toolbar.

Tampilan jendela Windows Explorer terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian sebelah kiri yang berisi nama drive, folder dan subfolder. Sedangkan di sebelah kanan berisi isi dari folder atau subfolder yang dipilih.

Untuk merubah posisi dan batas antara bagian sebelah kiri dan kanan dapat dilakukan dengan menempatkan mouse pada batas kedua bagian tersebut, kemudian klik dan tahan selanjutnya geser sesuai dengan posisi yang diinginkan (draging).
i. Thumbnails : digunakan untuk menampilkan file gambar dalam bentuk gambar-gambar kecil.
ii. Tiles : digunakan untuk menampilkan folder, nama file dan ukuran file serta keterangan program pembuat file tersebut dengan tampilan icon yang dihamparkan.

iii. Icons : digunakan untuk menampilkan folder, nama file dengan bentuk tampilan icon.

iv. List : digunakan untuk menampilkan folder dan file dengan bentuk tampilan hanya nama-namanya saja.

v. Details : digunakan untuk menampilkan folder dan nama file dengan informasi lengkap, yaitu nama file, ukuran, jenis file dan tanggal pembuatan/edit terakhir file tersebut.

Cukup segini dulu dari saya, semoga bermanfaat.
Di sambung lagi di postingan berikutnya,,,

Membaca adalah Jendela Dunia, dengan membaca kita jadi tahu hal-hal yang tadinya tidak tahu...

Sumber http://smpn2lem.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar